PEMERINTAH
KABUPATEN PATI
DINAS
PENDIDIKAN
SMP
NEGERI 1 DUKUHSETI
Jl. Tayu
– Puncel km.7 kode pos 59158
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
Kelas
: VII B
Semester
/ Tahun : II / 2011-2012
Hari
/ Tanggal : Rabu, 13 Maret 2012
Alokasi
Waktu : 1 x 45
menit
Tempat
: Ruang kelas VII B
Layanan
/ Bidang : Informasi / Bimbingan Belajar
Judul
/ Spesifikasi layanan : Melatih daya
ingat dan konsentrasi belajar
Fungsi
Layanan :
Pengembangan
A. Tujuan
khusus :
Siswa dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dalam belajar
B. Materi
: Terlampir
C. Metode
: Ceramah, diskusi, permaianan
D. Kegiatan
Awal :
1. Guru
mengucapkan salam, memeriksa situasi dan kondisi kelas, memeriksa kehadiran
siswa
2. Guru
melakukan kegiatan apersepsi
3. Menjelaskan
topik dan tujuan penyampaian materi
Kegiatan
Inti :
Eksplorasi :
1. Menjelaskan
materi mengenai data ingat dan konsentrasi belajar
2. Menjelaskan
pedoman permainan “daya ingat dan konsentrasi”
Elaborborasi :
1. Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk permainan
2. Siswa mengikuti pedoman permainan dan melaksanakan kegiatan
permainan
Konfirmasi
:
1. Guru memberikan pedoman diskusi tentang permainan
yang telah dilaksanakan
2. Siswa mempresentasikan hasil diskusi
Kegiatan
Akhir :
1. Guru memberikan kesimpulan dari hasil diskusi
siswa
2. Guru
menyampaikan harapan setelah siswa menerima materi layanan
E. Alat
dan Media : LCD, kertas
F. Rencana
Penilainan dan Tindak Lanjut
Penilaian
Proses
Mengamati
perhatian, respon, dan aktifitas saat kegiatan layanan berlangsung
Penilaian
Hasil
ü Laiseg
Menilai seberapa banyak
siswa yang dapat mengingat dan berkonsentrasi dalam permainan dan materi yang
diberikan
ü Laijapen
Memberikan
latihan kembali pada siswa yang tidak berhasil berkonsentrasi dan mengingat dalam
permainan dam materi yang diberikan
ü Laijapan
Memantau
perkembangan siswa yang tidak berhasil berkonsentrasi dan mengingat dalam
permainan dan materi yang diberikan
Tindak
Lanjut
Memberikan layanan konseling pada siswa yang tidak berhasil
berkonsentrasi dan mengingat dalam permainan dan materi yang diberikan
G. Buku
Sumber :
H. Biaya :
Rp 1000,- dengan rincian sebagai berikut :
Ø untuk
fotocopy soal tes konsentrasi saat permainan
Mengetahui
Salatiga,
6 Maret 2012
Kepala
Sekolah Perencana
Layanan
Lampiran
1
Materi Layanan
Materi Layanan
CARA
MENINGKATKAN DAYA INGAT
Ingatan yang tinggi meupakan suatu
keuntungan yang sangat berharga.Berikut ini cara - cara meningkatkan daya
ingat.
1.
Perhatian.
Bila kita
ingin selalu mengingat apa yang dikatakan seseorang, perhatikanlah dengan baik
apa yang dikatakan orang tersebut. Perhatikan setiap detil dari perkataannya.
Pusatkan sepenuhnya perhatian kita pada lawan bicara yang ada di hadapan kita.
2.
Gunakan seluruh panca indera anda.
Semakin
banyak anda menggunakan panca indera dalam memperhatikan sesuatu maka akan
semakin lama ingatan terhadap hal tersebut membekas di otak anda. Lihat,
rasakan, dan hayati apa yang mengalir dari setiap ucapan orang tersebut.
3.
Hubungkan dengan sesuatu.
Menghubungkan
suatu benda dengan benda yang lain akan membantu anda mengingat benda tersebut.
Misalnya anda bertemu seseorang lalu anda ingin mengingat namanya, perhatikan
dengan seksama apa yang unik atau berbeda dari orang tersebut. Si Ani yang
berambut lurus dan bermata indah badannya harum bagaikan bunga mawar. Semakin
unik hubungan yang anda buat maka akan semakin bagus ingatan anda terhadap
orang tersebut.
4.
Antusialah dalam melakukan sesuatu.
Semakin
antusias dan senang anda terhadap sesuatu atau seseorang maka akan semakin
mudah anda mengingatnya dalam jangka waktu lama. Bila anda menyukai sesuatu
atau seseorang maka anda akan sangat memperhatikannya dan anda akan menggunakan
seluruh panca indera anda untuk merasakannya. Bahkan anda akan menghubungkannya
dengan sesuatu benda yang menarik sehingga bila anda melihat benda tersebut
maka anda akan kembali mengingatnya.
5.
Ulangi.
Ulangi,
ulangi dan ulangi apa yang ingin anda ingat. Para ahli dibidang per-otakan
mengatakan bahwa otak manusia hanya mampu mengingat 7 bagian informasi dalam
kurang dari 30 detik. Jika anda ingin lebih lama mengingat maka anda harus
selalu mengulangi dalam benak apa yang ingin anda ingat.
6.
Olah ragalah yang cukup.
Olah raga
terutama yang meningkatkan sirkulasi oksigen ke otak akan meningkatkan fungsi
otak secara maksimal. Mengingat adalah salah satu fungsi otak yang sangat
penting.
7.
Kendalikan stress anda.
Stress akan
meningkatkan kadar hormon kortisol yang mengganggu fungsi otak akibat matinya
sel saraf otak. Stress juga akan menganggu selera makan dan tidur anda yang
pada gilirannya akan berdampak pula pada kemampuan daya ingat. Salah satu cara
untuk mengendalikan stress adalah dengan berolah raga.
8.
Tidurlah yang cukup.
Saat kita
terlelap terutama beberapa jam di awal tidur, otak kita akan menyibukan diri
memproses segala informasi yang kita pelajari sebelumnya. Hal ini tentu akan
menambah kemampuan daya ingat.
CARA
MENINGKATKAN KONSENTRASI
Dalam konsentrasi, kita mengumpulkan
semua energi yang terpencar untuk fokus hanya kepada satu hal. Apabila kita
benar - benar menguasainya, konsentrasi memiliki manfaat yang luar biasa
terhadap hidup kita. Konsentrasi dapat meningkatkan produktivitas dan
memberikan ketenangan pikiran. Berikut adalah beberapa saran untuk meningkatkan
konsentrasi.
1.
Fokus
Konsentrasi berarti kita dapat memfokuskan pikiran kepada satu hal.
Konsentrasi mencakup konsentrasi dalam tulisan dan menyelesaikan masalah.
Apapun aktivitas kita, criteria yang paling penting adalah untuk fokus,
konsentrasi dan atentif kepada aktifitas yang sedang berlangsung. Konsentrasi
akan menjadi tidak berarti apabila kita diganggu oleh beberapa hal lain pada
saat yang bersamaan. Untuk dapat berkonsentrasi, kita harus berhenti mencoba
melakukan beberapa hal pada saat yang sama. Apabila Anda menulis suatu artikel,
jangan memikirkan apa yang akan atasan Anda katakan kemudian. Apabila kita
dapat fokus, kita akan bisa mendapatkan intensitas luar biasa yang akan membuat
kita menyelesaikan tugas - tugas dengan lebih cepat.
2.
Belajar Mengontrol Pikiran
Batu sandungan yang utama terhadap konsentrasi adalah gangguan yang tidak
diinginkan yang muncul dalam pikiran kita. Gangguan ini akan menghalangi usaha
kita untuk mencapai konsentrasi penuh. Solusi satu - satunya adalah belajar
untuk mengontrol dan menenangkan pikiran kita. Hal pertama yang harus
diperhatikan adalah kita tidak memiliki pilihan untuk menerima ato menolak
pikiran; jangan sampai kita merasa menjadi korban dari pikiran kita sendiri.
Hal kedua adalah kita harus mengawasi pikiran kita secara sadar dan mencegah
diri kita agar tidak terpengaruh gangguan apapun yang dapat mempengaruhi
konsentrasi kita. Pada saat kita memulai suatu project, sangatlah mudah untuk
bermimpi dan kehilangan fokus. Yang kita butuhkan adalah ketekunan untuk
berkonsentrasi tanpa pikiran yang mengganggu. Apabila kita memiliki keinginan
itu, konsentrasi akan menjadi lebih mudah.
3.
Praktek
Konsentrasi adalah merupakan suatu aktivitas. Tentu saja, semakin kita
praktekkan dan latih, akan semakin baik pula kemampuan konsentrasi kita. Kita tentunya
tidak mengharapkan untuk bisa menjadi hebat tanpa pelatihan. Sama juga halnya
dengan konsentrasi. Konsentrasi adalah seperti otot tubuh, semakin kita
melatihnya, maka akan semakin kuat pula jadinya. Memang tidak ada latihan
khusus yang spesifik untuk konsentrasi, namun hidup memberikan begitu banyak
kesempatan bagi kita untuk melatih konsentrasi. Kuncinya adalah untuk selalu
mengambil kesempatan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi.
4.
Meditasi
Meditasi, nyata dapat meningkatkan kekuatan konsentrasi. Sebenarnya pada
saat kita mencoba untuk meditasi, hal penting yang harus pertama kita kuasai
adalah konsentrasi. Meditasi setiap hari dapat memberikan kita kesempatan untuk
melatih teknik konsentrasi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsentrasikan pikiran
kepada satu lilin atau hanya mengkonsentrasikan pernafasan. Latihan ini sangat
sederhana, namun efektif.
5.
Perubahan adalah Sama Baiknya
Seperti Mendapatkan IstirahatKonsentrasi terhadap satu hal untuk waktu yang
lama sangatlah sulit. Apabila kita konsentrasi kepada satu tugas untuk satu
jam, kita kemudian dapat melanjutkan hal lainnya. Perubahan aktivitas ini
membuat kita mampu untuk menggunakan sifat - sifat lain. Oleh sebab itulah kita
dapat mempertahankan kekuatan konsentrasi tanpa merasa lelah terhadap suatu
aktvitas.
6.
Perhatikan Kondisi Fisik
Kekuatan konsentrasi bergantung kepada kondisi fisik kita. Apabila kita
merasa lelah atau kurang sehat, konsentrasi akan menjadi lebih sulit.
Konsentrasi tentu saja masih dapat dilakukan, hanya saja akan menjadi lebih
sulit. namun kita harus mencoba membuat hidup lebih mudah untuk diri kita
sendiri; kita harus memberikan prioritas kepada kesehatan kita - cukup tidur,
jaga tubuh agar tetap fit. Olahraga membantu kita untuk meningkatkan
konsentrasi. Mengurangi berat badan, menjernihkan pikiran dan menciptakan
dinamisme juga akan sangat membantu. Apabila Anda merasa sulit untuk
berkonsentrasi, kami menyediakan solusinya; tubuh yang sehat dan olahraga
dijamin akan membantu meningkatkan kekuatan konsentrasi
Lampiran
2
Pedoman
Permainan
Tes Konsentrasi
Petunjuk: jawab pertanyaan 1 demi 1 dengan spontan, jangan kelamaan bermikirnya. Ingat,
konsentrasi
- SECTION 1 -
Pertanyaan:
1. Apa warna kertas HVS?
2. Apa warna awan?
3. Apa warna tisu?
4. Apa yang diminum sapi? (Jika
anda menjawab susu, berarti anda kurang berkonsentrasi)
- SECTION 2 -
Pertanyaan:
1.
Apa warna kecap?
2. Apa warna tulisan ini?
3. Apa warna aspal?
4. Kapan kelelawar tidur? (Jika
anda menjawab malam hari, berarti anda kurang berkonsentrasi)
- SECTION 3 -
Pertanyaan:
1.
Apa warna mentimun?
2. Apa warna daun kelapa?
3. Apa warna umum daun?
4. Apa makanannya macan? (Jika
anda menjawab rumput, berarti anda kurang berkonsentrasi)
Lampiran
3
Pedoman
Diskusi Kelompok
1. Apa
yang kamu peroleh dari permainan tes konsentrasi?
2. Apa
yang membuat kamu dapat berkonsentrasi saat menjawab pertanyaan yang diajukan?
3. Hal
apa yang mempengaruhi kamu tidak dapat berkonsentrasi dalam menjawab permainan
tes konsentrasi ini?
4. Apa
manfaat yang kamu dapat ambil dalam permainan tes konsentrasi ini?
5. Bagaimana
perasaan kamu mengikuti permainan tes konsentrasi ini?
Lampiran
4
Pedoman
Observasi
Aspek yang diamati
|
Jumlah
|
Siswa yang mengobrol saat materi disampaikan
|
10
|
Siswa yang bertanya
|
15
|
Siswa yang tidak mampu menjelaskan pedoman
permainan
|
5
|
Siswa yang mengikuti permainan
|
35
|
Siswa yang berpartisipasi dalam diskusi
kelompok
|
35
|
Kelompok yang mengungkapkan hasil diskusi
|
7
|
Siswa yang belum berhasil dalam berkonsentrasi
dalam permainan
|
-
|
bgs..sdh sy nilai
BalasHapus